Sunday, December 23, 2012

Ternyata, Junk Food Ada Antibiotiknya

Minggu, 23 Desember 2012 12:26 wib

Galih Setiono - Okezone
detail berita
Fried chicken (Foto: Google)
JUNK FOOD memang selalu digemari oleh masyarakat. Tetapi tahukah Anda, ternyata di dalamnya terdapat sejumlah antibiotik?

Makanan cepat saji atau lebih dikenal dengan istilah junk food selalu menjadi favorit bagi setiap orang. Selain memiliki rasa yang enak, junk food mudah didapatkan. Terlebih saat ini ada sistem delivery, kita tidak perlu repot-repot pergi ke restoran. Dengan memesan lewat telefon, makanan tersebut akan langsung diantar ke rumah. Tetapi, makanan cepat saji ini memiliki kandungan makanan yang dapat merusak tubuh.

Sebagaimana dilansir Reuters, peneliti asal China menemukan kandungan sejumlah antibiotik di dalam ayam goreng, makanan cepat saji merek tertentu. Delapan dari 19 contoh yang dijadikan sampel penjualan, diteliti labolatorium pada 2010 dan 2011 lalu. Di tahun selanjutnya, ditemukan terdapat kandungan antibiotik yang tinggi dalam ayam goreng tersebut. Hal ini dikatakan oleh Food Shanghai and Drug Administration (SFDA) di China, melalui sebuah situs di internet belum lama ini.

Selain itu, beberapa peneliti lain juga melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Kamera CCTV dalam penyelidikan tersebut terlihat bahwa ayam yang dibuat untuk bahan makanan cepat saji itu diberi makan menggunakan obat dan disuntik semacam anti-virus dan peningkat hormon agar ayam dapat tumbuh dengan cepat tanpa menunggu waktu lama.

Dari penemuan SFDA ini, ternyata membuat turunnya penjualan ayam goreng. Penjualan saham makanan cepat saji mengalami perosotan yang cukup signifikan. Pemilik saham makanan cepat saji tersebut merasa dirinya telah dirugikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh SFDA.
(tty)